Powered by Blogger.

Cara Efektif Mempercepat Loading Blog Agar Lebih Ringan

Posted by blog loker

Banyak orang yang hanya memikirkan tampilan atau disain blog yang menarik, tapi tidak memperhatikan kecepatan loadingnya cepat atau tidak. Berikut ini cara efektif untuk mempercepat loading blog agar lebih ringan saat halaman blog atau situs di kunjungi.

Menurut saya loading yang sangat lama juga tidak baik, baik itu dari pengunjung maupun SEO. Blog atau situs dengan loading yang ringan juga akan di sukai dengan pengunjung karna loadingnya tidak berat dan gampang untuk di akses dan tidak buang-buang waktu untuk menunggu loading blog yang sangat lama.

Ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk mengetest seberapa cepat loading saat halaman blog Anda di buka, disini ada dua tools yang saya ketahui yakni

Sekarang yang Anda lakukan pertama-tama adalah, silakan Anda test kecepatan blog Anda sebelum menggunakan tips dari saya ini, semoga saja dengan mengikuti tips dari saya ini, blog Anda bisa menjadi lebih ringan seperti yang Anda mau.

Cara Efektif Mempercepat Loading Agar Lebih Ringan


Bila blog Anda loadingnya lama, sebaiknya Anda perbaiki hal tersebut sebelum berdampak buruk bagi blog Anda, tidak hanya pengunjung yang berkurang, posisi pada Search Engine pun dikit sedikit akan menjadi menurun. Maka dari itu secepatnya Anda perhatikan hal tersebut untuk menaikkan posisi postingan Anda, dan mengundang pengunjung untuk mengunjungi blog Anda.

Pada postingan ini akan saya bagikan beberapa tips yang saya gunakan pada template saya sendiri, berikut tips yang bisa Anda gunakan pada template Anda.

CSS yang sudah dikompres


Bila Anda belum mengecilkan CSS pada template blog Anda, sebaiknya Anda kompres terlebih dahulu, karna ini point dasar untuk memperingankan loading blog Anda. Ada banyak situs untuk menkompres CSS di luar sana, tinggal Anda coba saja satu persatu yang menurut Anda itu situs yang baik untuk mengkompres CSS. Disini saya menggunakan salah satu situs yang berguna untuk mengkompres CSS yaitu http://csscompressor.com/.

Memperkecil size image / gambar


Disini saya akan mencerikan pengalaman pribadi saya, pada awal saya memulai membuat postingan saya tidak tahu apa-apa saja yang harus di perhatikan, dan hanya mempublikasikannya saja. Pada saat itu pula banyak sekali gambar / image yang tidak di kompres, maka yang terjadi adalah loading blog saya menjadi lama, dan tidak banyak pula gambar / image yang tidak muncul (blank).

Maka dari itu saya menyimpulkan bahwa gambar dengan size yang besar akan memengaruhi loading halaman yang sedang di muat, maka Anda sesegera mungkin untuk memperkecil semua size gambar yang sudah Anda pakai di postingan Anda. Berikut situs yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran (size) gambar / image Anda, situs yang bisa Anda gunakan adalah http://optimizilla.com/.

Dengan cara menghapus script bawaan Blogger


Tips ini juga bisa mempercepat loading blog Anda agar menjadi ringan, perlu Anda ketahui pada saat saya mengetest pagespeed di salah satu situs penyedia untuk mengetest pagespeed, saya terkejut dengan kode script yang aneh, lalu saya cari pada template saya, dan saya tidak menemukan kode script sama seperti yang ada pada hasil test tersebut, berikut kurang lebih kode yang dimaksud
  • https://www.blogger.com/static/v1/widgets/124887373-widget_css_bundle.css
  • https://www.blogger.com/static/v1/widgets/449108565-widgets.js
  • https://apis.google.com/js/plusone.js
Sebenarnya saya sudah pernah mengkompres Javascript salah satu di atas yakni https://apis.google.com/js/plusone.js. Masih saja loading saya menjadi lama, tidak ada reaksi yang menonjol pada saat saya sudang mengkompres Javascript tersebut.

Berikut cara menonaktifkan kode bawaan blogger

Langkah pertama :

Silakan Anda menuju Tema > Edit HTML. Lalu Anda ganti kode <b:skin> dengan kode dibawah ini

&lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;

&lt;!-- /*<b:skin>

Langkah kedua :

Cari dan ganti kode </head> dengan kode dibawah ini

&lt;!--</head>--&gt;&lt;/head&gt;

Langkah ketiga :

Langkah terakhir adalah, cari kode </body> dan ganti dengan kode dibawah ini

&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

Jangan memakai widget yang tidak penting


Tidak selamanya kebanyakan widget akan menjadi blog Anda menjadi bagus, akan tetapi memakai widget secara berlebihan juga tidak baik, dan nantikan akan berdampak buruk bagi blog Anda, salah satunya adalah loading blog Anda menjadi lebih lama ketimbang blog yang membatasi pemakaian widget.

Sabaiknya Anda memakai widget seperlunya saja seperti Subscribe Box, Popular Post / Recent Post, dan lain sebagainya yang masih ada sangkutannya dengan blog Anda.

Tambahan dari saya


Cara ini sangat efektif, dan saya sendiri sudah mencoba cara ini, dan hasilnya pada postingan yang saya buat ini. Bila loading masih lama ada kemungkinan koneksi jaringan Anda yang kurang memadai untuk mengakses halaman.

Related Post



Post a Comment